Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Perkebunan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • No. Klas: 071/AK/Nat/P/2024
  • Pengarang: Yohana Fransiska Natalia
  • Pembimbing: Titiek Rachmawati
  • Penerbit: Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya, 2024
  • Kolasi: xxii, 101 hlm. : 26 cm.
  • Sinopsis:

    Tujuan penelitian yang ingin dicapai sesuai dengan rumusan masalah yang telah dipaparkan diatas adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (3) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (4) Apakah tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam proses pengambilan data, penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan sektor perkebunan selama periode 2020 – 2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda untuk menguji hipotesis. Sedangkan uji asumsi klasik yang digunakan antara lain, Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, dan Uji Normalitas Data. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa penelitian ini telah memenuhi antara lain 1). Tidak terjadinya multikolinieritas; 2). Tidak terjadinya heteroskedastisitas; 3) Tidak terjadinya autokorelasi pada kedua model regresi; dan 4). Residual berdistribusi normal. Hasil temuan analisis menyimpulkan bahwa secara parsial corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan; 2) secara parsial profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan; 3) secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan; 4) secara simultan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini menandakan bahwa jika perusahaan melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan dengan baik, laba yang tinggi dan ukuran perusahaan yang besar maka dapat meningkatkan nilai perusahaan. Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Max Digital Copy
Pinjaman Aktif

0
Eksemplar
N.I.B
Status
1
78/SKP/FE/III/2025
Ada