Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone di E-Commerce Shopee

  • No. Klas: 108/NI/Feb/P/2024
  • Pengarang: Muhamad Eric Febriantono
  • Pembimbing: Awin Mulyati
  • Penerbit: Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya, 2024
  • Kolasi: xv, 134 hlm. ; 26 cm.
  • Sinopsis:

    Penelitian yang fokus pada bagaimana Online Customer Review dan Online Customer Rating mempengaruhi keputusan pembelian produk Handphone di platform ecommerce Shopee. Dalam era e-commerce yang berkembang, keputusan pembelian konsumen di platform seperti Shopee dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk Online Customer Review dan Online Customer Rating. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan masyarakat yang berada di wilayah Surabaya dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan dan total sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang dibulatkan menjadi 100 responden dengan teknik sampling menggunakan Non Probability Sampling dengan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran elektronik kuisioner. Kuesioner tersebut memuat pernyataan-pernyataan tentang indikator yang ada di variabel Online Customer Review, Online Customer Rating dan Keputusan Pembelian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda untuk menentukan hubungan antara variabel independent dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independent yaitu Online Customer Review dan Online Customer Rating berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa Online Customer Review dan Online Customer Rating memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk Handphone di Shopee. Hasil penelitian ini dapat membantu penjual dan pemasar untuk meningkatkan strategi mereka dengan memahami lebih baik bagaimana Online Customer Review dan Online Customer Rating mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Max Digital Copy
Pinjaman Aktif

0
Eksemplar
N.I.B
Status
1
105/SKP/FIA/III/2025
Ada